NIKMATNYA RSK – RAWON SEGO KUCING ANGKRINGAN CAK KASAN


Halo dulur, dalam kesempatan ini kita berjumpa lagi, kalau selama ini yang kita bicarakan adalah “Angkringan” beserta menu-menu original berupa sate-satean, bacem dan sego kucingnya.

Pada kesempatan ini Angkringan Cak Kasan mempunyai menu baru yang mungkin bisa menjadi pilihan kuliners di Probolinggo dan kuliners umumnya. Menu baru itu adalah “RSK” atau Rawon Sego Kucing. Sebenarnya Angkringan Cak Kasan sudah mempersembahkan menu rawon sebagai menu makanan di Angkringan Cak Kasan dalam menu pagi sebagai menu tambahan atas “Pecel Pincuk Cak Kasan”


Dan inilah penampakan menu “RSK” atau Rawon Sego Kucing – Angkringan Cak Kasan:


Rawon merupakan masakan khas Jawa Timur yang biasanya diplesetkan dengan nama “Black Java Soup”. Rawon atau nasi rawon adalah sebuah menu yang disajikan berupa sup daging dengan bumbu yang khas berwarna hitam karena mengandung kluwek. Rawon ini disajikan dengan daging sapi yang dipotong-potong kecil, dengan bumbu sup hitam yang khas.

Maka di Angkringan Cak Kasan, nasi rawon disajikan dengan satu mangkok rawon beserta daging yang diiris kecil, satu bungkus sego kucing kering tempe dan sambal merah yang mengandung terasi dan tauge kacang hijau.

Rawon sego kucing di Angkringan Cak Kasan diracik dengan bumbu racikan khas yang akan menggoda selera kuliners sekalian. Bumbu rawon ini diracik dengan campuran bawang merah, bawang putih, lengkuas (laos), ketumbar, serai, kunir, lombok, kluwek dan garam, dan minyak nabati. Semua bahan ini dihaluskan kecuali serai dan lengkuas, lalu ditumis sampai keluar bau harum dari campuran bumbu yang ditumis tersebut. Setelah itu baru dimasukkan dalam kaldu rebusan daging bersama-sama dengan daging. Dan dicampur dengan kluwek untuk memunculkan warna alami hitam.



Buat para kuliners khususnya kuliners yang ada di Probolinggo, anda akan ketagihan setelah mencicicpi rawon khas Angkringan Cak Kasan. RSK ini akan lebih nikmat bila para kuliners menambah lauk sate yang sudah tersedia.

Kuliners sekian dulu tulisan tentang “Rawon Sego Kucing - Angkringan Cak Kasan”. Monggo mampir dulur....




Matur suwun




Post a Comment

0 Comments